Tips Membuat Konsumen Puas Setelah Kecewa dengan Pelayanan Anda

Tips Membuat Konsumen Puas Setelah Kecewa dengan Pelayanan Anda


Dalam berbisnis tidak selalu berjalan mulus. Maka Anda sebagai pengusaha harus bersiap menghadapi kemarahan dan kekecewaan konsumen. Untuk menghadapi hal ini Anda perlu memiliki taktik dan strategi pelayanan agar mereka bisa kembali tersenyum dan melupakan kekecewannya. Lalu bagaimana cara dan teknik untuk tim di perusahaan guna membuat konsumen kembali tersenyum dari kekecewaannya? Berikut ulasannya.

Tips Membuat Konsumen Puas Setelah Kecewa dengan Pelayanan Anda

1. Jadilah Kooperatif

Menjadi Kooperatif maksudnya yaitu melakukan dukungan dan kerjasama yang baik dengan bagian atau divisi yang berhubungan langsung dengan yang menangani keluhan konsumen. Mintalah mereka untuk selalu bisa membuat konsumen terpuaskan. Maka dari itu lakukan saja pendampingan dan pelatihan yang baik untuk divisi pelayanan konsumen

2. Jalankan Kolaborasi

Untuk mengatasi keluhan dan kekecewaan dari konsumen atau pelanggan memang diperlukan sebuah kolaborasi atau kerjasama yang baik dari semua divisi perusahaan. Anda tak bisa hanya membebankan hal ini pada satu divisi saja. Namun lebih dari itu diperlukan sebuah kebersamaan dan kolaborasi untuk mengatasi keluhan. Lakukan saja rapat dan evaluasi bersama antar divisi.


Tips Membuat Konsumen Puas Setelah Kecewa dengan Pelayanan Anda

3. Selalu Suportif Terhadap Konsumen 

Untuk membuat kolaborasi dalam tim dan antar divisi ini lebih maksimal, Anda harus mampu membuat budaya saling menolong antar tim. Umumnya permasalahan yang muncul dari kekecewaan konsumen ini memang berasal dari tidak adanya rasa saling menolong dalam tim di perusahaan.

4. Berikan Pelayanan Konsumen yang Inovatif 

Langkah terakhir untuk bisa membuat pelanggan tersenyum kembali dari kekecewaanya adalah dengan mengeksekusi ide kreatif dengan tindakan yang bisa memikat konsumen. Maka carilah ide paling kreatif dari cara terbaru atau mengkolaborasikan dengan cara lama agar lebih manjur untuk bisa menaklukkan konsumen.


Selamat Mencoba, Semoga Bisnis Anda semakin maju :) 

Artikel Pilihan Lainnya