Yuk Mengenal Lebih Dekat Kain Linen

Yuk Mengenal Lebih Dekat Kain Linen


Buat kamu yang belum mengenal lebih jauh mengenai jenis kain linen ini, mungkin akan beranggapan biasa saja. Linen sebenarnya digunakan tidak hanya untuk keperluan bedding set, banyak produk lain seperti baju, perlengkapan meja makan, dan beberapa kerajinan tangan juga sering menggunakan bahan linen, atau linen yang dicampur dengan katun.

Kain linen adalah jenis kain yang dibuat dari serat tumbuhan linen. Di negara-negara Eropa kain jenis ini sangat disukai karena karakteristiknya yang sangat istimewa, kain ini bisa bertahan puluhan tahun dengan perawatan yang baik. Semakin lama digunakan dan dengan proses pencucian yang benar kain linen akan semakin nyaman digunakan.


Yuk Mengenal Lebih Dekat Kain Linen

Kelebihan linen dibandingkan dengan kain katun adalah 30% lebih kuat daripada kapas, memiliki daya serap yang tinggi, cocok untuk semua iklim, Hypo-allergenic sehingga cocok untuk orang yang memiliki masalah dengan alergi, linen memiliki struktur serat yang unik sehingga sangat adem ketika dikondisi panas dan akan menghangatkan ketika cuaca dingin, seratnya yang dari alam memiliki struktur yang natural dengan kilauan dari seratnya yang alami, linen juga ramah lingkungan karena tumbuhan ini hanya memerlukan sedikit air dan tidak memerlukan bahan kimia untuk menanamnya.

Kain dari bahan katun akan terlihat usang ketika sudah dicuci sekitar 3-4 tahun, sedangkan linen adalah kebalikan dari katun, linen akan terlihat lebih lembut dan semakin nyaman digunakan seiring pemakaian dan perawatan. Ukuran kualitas kain biasanya diukur dari jumlah jalinan benang atau thread count semakin tinggi thread countnya semakin baik kualitasnya. Hal ini tidak berlaku pada linen karena kain linen terbuat dari serat tumbuhan linen yang memiliki tingkat ketebalan serat yang berbeda beda.

Proses pembuatan kain linen memerlukan waktu yang lama, tumbuhan linen di cabut bukan di potong untuk mendapatkan serat yang lebih panjang, kemudian didiamkan beberapa bulan untuk melunakan tanaman, proses selanjutnya adalah memisahkan serat dengan cara menyisirnya untuk memisahkan dari kotoran dan membuang serat-serat yang pendek, serat yang panjang biasanya digunakan untuk membuat keperluan bedding sets seperti sprei, duvet cover dsb. Setelah proses yang panjang dihasilkan benang dari tumbuhan linen, benang inipun akan di sortir kembali untuk memilah kualitas dari tiap-tiap benang.

Yuk Mengenal Lebih Dekat Kain Linen

Linen merupakan serat pertama yang digunakan untuk ditenun lebih dari 8000 tahun lalu pada masa peradaban Mediterania yang kemudian diadopsi oleh Eropa dan terus populer hingga abad pertengahan, bahkan sampai diperkenalkan kapas. Sekarang ini linen merupakan kain yang sangat istimewa karena prosesnya yang cukup melelahkan karena prosesnya yang dilakukan manual dan memerlukan waktu yang lama. Sehingga komoditas ini sangat sedikit dan tentunya memerlukan ongkos produksi yang lebih banyak daripada pembuatan kain kapas pada umumnya.

Dimana kita bisa mendapatkan kain linen terbaik? Normandia (Perancis) dan Belgia adalah negara yang dianggap memiliki iklim dan suhu yang cocok untuk tanaman jenis ini. Jenis tanaman ini hanya bisa tumbuh baik di dataran Eropa Barat antara Cannes-Perancis sampai Amsterdam - Belanda. Kemudian dimanakah produksi kain linen terbaik? Italy merupakan negara yang sangat ahli dibidang proses pemintalan linen menjadi kain linen terbaik. Secara turun temurun mereka mewarisi keahlian yang sulit ditiru oleh produsen linen lain di dunia.


Dipasaran kita sering melihat linen dengan label "Belgian Flax Linen" dan beberapa berlabel "Belgian Linen", tidak banyak orang yang mengerti tentang perbedaan besar dari label ini, Belgian Flax Linen adalah linen yang di dapatkan dari tumbuhan linen dari dataran Eropa yang pengerjaan pemintalan dan proses sampai menjadi kain dilakukan diluar Eropa seperti di India dan China. Sedangkan Belgian Linen adalah semua bahan dari mulai tanaman sampai menjadi kain linen di kerjakan di Belgia.

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan sebelum membeli kain linen adalah label sertifikasi dari Masters of Linen Club yang merupakan salah satu Asosiasi yang memastikan dan mengawasi kualitas dari produk, tenaga kerja, standar keamanan dan ramah lingkungan. Hal ini untuk memastikan bahwa kualitas linen yang diproduksi adalah benar-benar dari linen terbaik Eropa yang tentunya akan memberikan kualitas terbaik.

Sumber: http://www.vintagelawas.com/


Temukan Beragam Jenis Kain Linen di Plaza Kain!

Kami menjual dan mendistribusikan berbagai macam produk yang berkaitan dengan kain kemeja. Perusahaan kami telah bergerak di bidang kain sejak tahun 2000. Dengan pengalaman kami di bidang kain kemeja, kami berharap dapat menjadi solusi bagi Anda jika berkaitan dengan kain kemeja seperti kain katun, kain flanel, kain drill, kain denim, dll. Plaza Kain Toko dan Distributor Kain Kemeja Surabaya.


Artikel Pilihan Lainnya