Kain Linen Bahan Kain yang Berkualitas

Kain Linen Bahan Kain yang Berkualitas


Kain linen merupakan salah satu jenis kai tekstil tertua dan termahal di dunia, kain tenun linen dibuat dari serat tanaman rami. Sejarah pemanfaatan serat rami ini diperkirakan telah berlangsung sejak sekitar 9000 tahun yang lalu saat tanaman ini di temukan tumbuh di kawasan pesisir mediterania. Masyarakat yunani menganggap kain ini sebagai kain yang suci. Pada zaman Renaissance linen menjadi simbol kemewahan.

Proses pembuatan kain linen membutuhkan waktu yang lama dan sulit, namun teknologi modern pada saat ini menjadikan proses pembuatan kain linen lebih mudah dan efisien, namun secara umum harganya tetap mahal.


Kain Linen Bahan Kain yang Berkualitas

Penggunaan Kain Linen

Kain linen paling umum digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian. Jenis kain ini berharga tinggi karena sifatnya yang ringan, terasa sejuk bahkan saat cuaca panas, dan tampak berkelas dan professional. Linen juga sering digunakan sebagai bahan untuk pembuatan setelan pakaian bisnis, jaket formal atau jas, celana, rok, sarung tangan, sapu tangan dan lain sebagainya. Bahan ini umumnya berwarna putih, namun kemampuannya yang dapat menyerap pewarna dengan baik membuat kain linen bisa ditemukan dalam berbagai pilihan warna.

Sifat Dasar dan Gradasi Kualitas

Linen yang berkualitas tinggi umumnya sangat halus jika di sentuh dan agak berkilau. Bahan ini biasanya menyerap dan kehilangan kelembaban lebih cepat dari pada kebanyakan jenis kain lainnya, karena itu jenis linen sangat populer di wilayah beriklim panas. Sebagai bahan pakaian, linen dapat menghilangkan keringat dan kelembaban dengan cepat. Permukaan kain linen licin dan halus serta tidak berbulu dan tidak mudah terkotori debu. Pada kondisi cuaca dingin, linen juga bisa jadi menjadi insulator panas yang cukup baik. Linen bahkan dapat mengurangi dampak radiasi dengan setengah dan melindungi organisme dari radiasi ultraviolet yang berbahaya.

Serat rami termasuk bahan yang tahan lama, karena itu linen yang terbuat dari rami juga kuat tanpa menyebabkan permukaannya menjadi kasar. Bahan pakaian ini tidak mudah meregang dari waktu ke waktu, tapi seratnya bisa melemah atau pecah jika berkerut atau dilipat dengan cara yang sama secara berulang-ulang. Kain ini cukup mudah berkerut, sehingga mudah juga untuk di setrika, hanya saja pemilik jenis pakaian ini harus berhati-hati.

Linen yang berkualitas tinggi memiliki permukaan yang sangat halus dan rapi. Tenunannya biasanya sangat kuat, memiliki kemilauan kain dan ketebalan konsisten. Linen berkualitas rendah harganya lebih murah, namun penampilannya tidak akan sebaik yang berkualitas tinggi.


Kain Linen Bahan Kain yang Berkualitas

Perawatan dan Cara Membersihkan Linen

Menyimpan kain linen sebaiknya dengan cara di gantung atau di gulung dari pada dilipat untuk menghindari kerutan. Kerutan bisa dihilangkan dengan setrika, namun penggunaan setrikaan bisa menjadi sulit karena mudahnya terbentuk kerutan baru secara tidak sengaja saat kain di setrika.

Bahan linen pada umumnya bisa dicuci dengan mesin cuci, jadi anda bisa mencucinya sendiri di rumah. Kain linen yang terkena noda sebaiknya dibersihkan secepatnya dengan sabun dan air atau produk khusus pembersih linen. Meskipun tahan lama, kain ini dapat bereaksi buruk dengan banyak pembersih kimia dan penghilang noda. Karena itu penting bagi pemakai bahan makanan ini untuk membaca label atau keterangan, baik pada pakaian maupun pada produk pembersihnya untuk meghindari resiko kerusakan.


Sumber: http://tipssersan.blogspot.co.id/

Kain Linen Bahan Kain Berkualitas dari Plaza Kain!

Kami menjual dan mendistribusikan berbagai macam produk yang berkaitan dengan kain kemeja. Perusahaan kami telah bergerak di bidang kain sejak tahun 2000. Dengan pengalaman kami di bidang kain kemeja, kami berharap dapat menjadi solusi bagi Anda jika berkaitan dengan kain kemeja seperti kain katun, kain flanel, kain drill, kain denim, dll. Plaza Kain Toko dan Distributor Kain Kemeja Surabaya.


Artikel Pilihan Lainnya