Tips Memilih Bahan Pakaian yang Bagus dan Berkualitas

Tips Memilih Bahan Pakaian yang Bagus dan Berkualitas


Pakaian yang dipakai sehari-hari bukan saja sebagai pelindung tubuh atau menutupi bagian tubuh yang memang tidak pantas dilihat oleh orang lain melainkan juga untuk penampilan. Dengan tata cara berbusana yang baik tentunya juga turut mencerminkan kepribadian pemakainya. Untuk selera busana, setiap orang punya selera masing-masing dalam pemilihan model busana yang di inginkan.

Banyak jenis model pakaian yang ada dipasaran dengan harga bervariasi tergantung desain, bahan dan model atau tingkat kesulitan dalam mengerjakannya. Agar memperoleh pakaian yang bagus dan berkualitas, ada beberapa yang bisa diperhatikan seperti misalnya kekuatan jahitannya, jenis kainya hingga warna bajunya. Untuk lebih jelasnya bagaimana memilih busana berkualitas, simak tips berikut ini:


1. Coba dengan Menerawang

Cara mencari pakaian berkualitas dengan menerawang ini untuk melihat kasar atau tidaknya benang pakaian. Coba mempehatikan pada serat kain bajunya, kalau tampak mengilap ada kemungkinan bahan kainnya banyak dicampur dengan polyester. Bahan polyester menimbulkan rasa panas ketika baju dikenakan. Bahan baju yang berkualitas akan terlihat tenunanya yang cenderung sangat rapat.

2. Kelenturan Bahan

Kain dengan kualitas bagus biasanya agak lemas dan jatuh karena agak berat dan pada tenunannya juga rapat. Cobalah dengan meraba pakaian yang sudah dipilih. Cara lain adalah dengan meremas kainnya, hal ini untuk mengetahui seperti apa reaksi kain setelah dikusutkan. Kebanyakan bahan baju yang berkualitas rendah akan terlihat mudah sekali kusut, karena pada seratnya lebih mudah ditekuk ini pertanda kalau serat yang digunakan merupakan serat campuran.

Tips Memilih Bahan Pakaian yang Bagus dan Berkualitas

3. Kualitas Jahitan

Pakaian yang berkualitas memiliki jahitan yang rapi dan kuat. Coba cek semua pada jahitan pakaian yang akan dipilih dan jangan sampai terlewatkan. Selain itu cek juga pada obrsan bajunya karena jenis baju yang obras biasanya jahitannya akan mudah lepas. Untuk menguji kekuatan jahiannya bisa dengan menarik bagian yang dijahit untuk mengetahui kualitas jahitannya.

4. Perhatikan Warnanya

Baju yang bagus warnanya lebih rapat dan tidak terlihat pudar. Anda akan mengetahui bagus tidaknya pewarnaan pakaian ini setelah baju dicuci. Mungkin juga bisa dengan mencoba menggesek-gesekkan kain pakaian satu sama lain untuk mengetahui kualitas pada warna bajunya.

5. Sesuai Kebutuhan

Walaupun tidak termasuk pada penilaian kualitas sebuah baju. Anda juga pertimbangkan kebutuhan baju yang akan dibeli. Hal ini juga meliputi kecocokan, kenyamanan saat dikenakan. Baju yang bagus belum tentu sesuai dengan anda, Karena untuk melihat cocok tidaknya pakaian merupakan gabungan dari warna, ukuan, motif, model dan bentuk tubuh pemakainya.

Artikel Pilihan Lainnya