Cara Merawat Baju Kemeja Kain Flanel

Cara Merawat Baju Kemeja Kain Flanel


Dari sejarahnya Kain Flanel atau disebut juga dengan kain Felt adalah sejenis kain yang dibuat dari serat wol, dan tidak mengalami proses tenun namun dibuat dengan melalui proses Pemanasan dan Penguapan sehingga menghasilkan bentuk yang beragam dan unik, jika anda adalah salah satu penggemar kain Flanel atau Felt maka anda juga wajib mengetahui Cara Merawat Kain Flanel atau Felt ini.

Cara Merawat Baju Berbahan Flanel mudah sekali namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dan agak berbeda dari perawatan kain lainnya, Agar kemeja flanel yang kita miliki awet dan tahan lama, tentu kita perlu memperhatikan cara perawatannya. Merawat. Berikut akan kami sampaikan tips-tips praktis yang dapat dilakukan untuk merawat kemeja flanel.


Mencuci Kemeja Kain Flanel

  1. Cara mencuci kemeja kain flanel terbaik adalah dengan menggunakan air dingin (cold water). 
  2. Jangan merendam terlalu lama. 
  3. Apabila pada saat mencuci di gabung dengan pakaian lain, usahakan disatukan dengan pakaian yang memiliki warna sejenis (with like colors). 
  4. Apabila anda mencuci dengan mesin cuci, pastikan setting mesin cuci pada putaran rendah (low cycle setting). 
  5. Gunakan detergen yang ringan/lembut (mild detergent) tanpa pemutih (bleach). 
  6. Hindari pemutih (bleach), karena akan membuat warna kemeja lebih cepat pudar. 
  7. Apabila kemeja kain flanel anda sudah kehilangan kelembutan pada bahannya, dapat ditambahkan pelembut (softener) untuk menambah kelembutan pada kemeja kain flanel yang Anda miliki.

Cara Merawat Baju Kemeja Kain Flanel

Mengeringkan Kemeja Kain Flanel

  1. Cara terbaik mengeringkan kemeja kain flanel setelah dicuci, adalah dengan menjemur langsung di bawah sinar matahari. 
  2. Tetapi apabila anda menggunakan mesin pengering (dryer) untuk mengeringkan pakaian, aturlah dryer setting pada panas yang rendah (low heat).

Cara Merawat Baju Kemeja Kain Flanel

Menyetrika Kemeja Kain Flanel

  1. Setelah kemeja kain flanel anda kering, langkah selanjutnya adalah menyetrika kemeja tersebut. 
  2. Cara terbaik adalah dengan menyetrika kemeja kain flanel dengan posisi terbalik (upside down), yaitu bagian dalam yang dibalik di luar untuk disetrika. 
  3. Anda dapat menyetrika dengan mengikuti jalur serat kain, dari atas ke bawah, dan sebaliknya. Hal ini akan membuat kemeja kain flanel Anda terlihat lebih rapi.

Cara Merawat Baju Kemeja Kain Flanel

Menyimpan Kemeja Kain Flanel

  1. Setelah rapi, kemeja kain flanel dapat disimpan di lemari pakaian Anda. 
  2. Penyimpanan dapat dilakukan dengan cara menggantung atau melipat sesuai dengan kapasitas penyimpanan yang Anda miliki.

Demikian tips-tips yang dapat dilakukan agar kemeja kain flanel yang Anda miliki awet dan tahan lama. Jangan lupa untuk memperhatikan juga label care yang tertera pada kemeja kain flanel Anda, karena ada bahan-bahan tertentu yang mungkin perlu mendapat perlakuan secara khusus (seperti dry clean).

Temukan Beragam Jenis Kain Flanel di Plaza Kain!

Kami menjual dan mendistribusikan berbagai macam produk yang berkaitan dengan kain kemeja. Perusahaan kami telah bergerak di bidang kain sejak tahun 2000. Dengan pengalaman kami di bidang kain kemeja, kami berharap dapat menjadi solusi bagi Anda jika berkaitan dengan kain kemeja seperti kain katun, kain flanel, kain drill, kain denim, dll. Plaza Kain Toko dan Distributor Kain Kemeja Surabaya.


Artikel Pilihan Lainnya